Keajaiban shalat Dhuha subhanawallah




Setelah membagi tentang keajaiban sedekah saya akan membagikan kisah saya tentang keajaiban sholat dhuha. Sekedar mengingatkan kembali bahwa kemenangan saya ketika mengikuti lomba blog tidak lain dan tidak bukan memang karena sedekah. Saya usahakan menyisihkan gaji saya di awal untuk sedekah. Sebisa mungkin uang yang saya peroleh saya sedekahkan untuk orang-orang yang membutuhkan.

Nah, keajaiban sholat dhuha sudah banyak dibuktikan oleh banyak orang. Sholat dhuha adalah salah satu jalan untuk membuka rezeki. Rezeki memang bukan semata-mata uang atau materi. Rezeki bisa berupa ilmu, kesempatan sehat, dan nikmat lainnya.

Beberapa pengusaha muda sukses tidak pernah lepas dari sholat dhuha. Beberapa diantaranya adalah Mas Mono pemilik ayam bakar Mas Mono, Rangga Umara pemilik Pecel Lele Lela, Saptuari pemilik Kedai Digital dan juga suksesor Sedekah Rombongan dan masih banyak pengusaha lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Hampir beberapa diantara mereka terinspirasi dari guru mereka masing-masing salah satu diantaranya yang cukup dikenal masyarakat adalah Ustadz Yusuf Mansyur.

Ustadz YM memang lekat dengan anjuran sedekah dan sholat dhuha. Berkat sholat dhuha banyak kejaiban yang YM dapatkan. Salah satunya adalah rezeki-rezeki yang selama ini dia dapatkan dari jalan-jalan yang tidak di duga sebelumnya.

Kembali ke pengalaman saya. Belakangan ini memang saya agak kesulitan keuangan. Apalagi setelah lebaran harga bahan kebutuhan pokok sudah jelas tetap naik dan tidak kembali ke harga semula seperti sebelum lebaran. Contohnya misalnya nasi goreng di daerah pamulang sebelum lebaran harganya sekitar 8.000 rupiah. Setelah lebaran naik 1.000 rupiah menjadi 9.000 rupiah. Tentu saja hal ini disebabkan beberapa bahan kebutuhan pokok yang naik. Sehingga pedagang juga menyesuaikan barang dagangannya agar tetap bisa bertahan.

Saya sempat berpikir untuk berjualan saat weekend dan ini yang menjadi tantangan terbesar saya karena selalu saja ada kendala dan rintangan ketika mewujudkannya. Disamping kesibukan di sekolah dalam menyiapkan perangkat kerja juga ada beberapa pelatihan yang sebetulnya lebih menguntungkan untuk mengupgrade pengetahuan dan kemampuan saya dalam mengajar. Akhirnya saya curhat pada yang kuasa agar diberikan jalan untuk mendaptkan rezeki tambahan. Kebetulan memang sejak lebaran sholat dhuha saya banyak yang bolong-bolong *pengakuan*.

Alhamdulillah ternyata Gusti Alloh ora sare. Rezeki pertama, istri saya mendapatkan murid privat seorang anak TK yang membutuhkan bimbingan belajar. Alhamdulillah istri saya mendapatkan bayaran yang cukup lumayan untuk satu kali pertemuan setiap pekan. Saya berpikir untuk menjadi relawan di salah satu masjid di dekat tempat murid les istri saya, sambil menunggu istri saya mengajar. Hal ini saya lakukan sebagai wujud terimakasih saya pada yang Kuasa.

Belum sempat saya mewujudkannya dan berbicara pada pihak DKM dan TPA masjid ternyata Gusti Alloh menambah lagi rezeki yang tidak terduga. Datangnya dari istri saya lagi. Salah satu teman istri saya membutuhkan guru privat untuk orang tuanya. Orang tuanya membutuhkan seorang guru yang bisa mengajar percakapan dalam Bahasa Inggris. Tanpa pikir panjang tentu saja saya langsung menyanggupinya. Inilah jalan yang sudah di tentukan oleh Gusti Alloh SWT.

Ahad pagi tadi adalah pertemuan pertama saya dengan orang tua dari teman istri saya. Pertemuan pertama sangat lancar dan responnya sangat positif. Akhirnya Istri dari bapak yang saya ajari meminta saya juga untuk mengajarinya. Kebetulan istrinya adalah seorang ibu rumah tangga. Alwanya saya menyarankan untuk belajar bersama-sama sehingga tidak perlu membayar biaya tambahan. Namun, ibu tersebut menginginkan waktu terpisah.

Tak ada keraguan lagi bahwa sholat dhuha membuka rezeki saya melalui mengajar. Dijawab sangat kontan dan tanpa syarat apapun. Yang perlu saya lakukan hanyalah menyadiakan waktu di pagi hari untuk beberapa rakaat sholat kemudian curhat dan berterimakasih pada yang kuasa atas segala rezeki yang saya terima selama ini.


Hukum shalat dhuha apa?
Para ulama Maliki dan Syafi'i menyatakan bahwa shalat dhuha hukumnya adalah sunnah muakkadah berdasarkan hadits-hadits diatas. Dan dibolehkan bagi seseorang untuk tidak mengerjakannya.

Keutamaan dan manfaatnya apa saja?
Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar bahwa Rasulullah saw bersabda,"Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain agar melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha."

Ahmad dan Abu Daud dari Buraidah bahwa Rasulullah saw bersabda,"Dalam tubuh manusia itu ada 360 ruas tulang. Ia harus dikeluarkan sedekahnya untuk tiap ruas tulang tersebut." Para sahabat bertanya,"Siapakah yang mampu melaksanakan seperti itu, wahai Rasulullah saw?" Beliau saw menjawab,"Dahak yang ada di masjid, lalu pendam ke tanah dan membuang sesuatu gangguan dari tengah jalan, maka itu berarti sebuah sedekah. Akan tetapi jika tidak mampu melakukan itu semua, cukuplah engkau mengerjakan dua rakaat shalat dhuha."

Didalam riwayat lain oleh Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairoh berkata,"Nabi saw kekasihku telah memberikan tiga wasiat kepadaku, yaitu berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, mengerjakan dua rakaat dhuha dan mengerjakan shalat witir terlebih dahulu sebelum tidur."

Doa Sesudah Shalat Dhuha:

ALLAAHUMMA INNADH-DHUHAA 'A DHUHAA 'UKA - WAL BAHAA 'A BAHAA
'UKA - WAL JAMAALA JAMAALUKA - WAL QUWWATA QUWWATUKA - 
WALQUDRATA QUDRATUKA - WAL 'ISHMATA 'ISHMATUKA. ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS-SAMAA 'I FA ANZILHU - WA IN KAANA FIL ARDI FA AKHRIJHU - WA IN KAANA MU'ASSARAN FA
YASSIRHU - WA IN KAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU - WA IN KAANA
BA'IIDAN FA QARRIBHU, BIHAQQI DHUHAA 'IKA, WA BAHAA 'IKA, WAJAMAALIKA, WA QUWWATIKA, WA  QUDRATIKA. AATINII MAA 'ATAITA 'IBAADAKASH-SHAALIHIIN.

NB : masih ragukah dengan keajaiban shalat Dhuha ?? 
bagi pembaca yg shalatnya masih bolong" jgn terlalu memaksakan shalat dhuha ;) bukan bermagsud melarang tpi gini ya shalat dhuha itu kga wajib/sunnah :D
nah gmana mau keajaiban kalo sunnahnya di kerjakan tpi WAJIBnya masih bolong" =)) 
kalo dalam sekolah exkul aje rajin masuk pelajaran jarang gmana mau naik bener kga gan :D haha sekian artikel dari ane :D moga bermanfaaat 



Jadi masikah anda ragu dengan keajaiban sholat dhuha?
Description: Keajaiban shalat Dhuha subhanawallah Rating: 4.5 Reviewer: abduh screamo ItemReviewed: Keajaiban shalat Dhuha subhanawallah
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: 12.37

0 komentar

Poskan Komentar